Posting, Si Faktor Terpenting
| ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pertengahan Januari 2004 lalu, telah dilakukan survey online mengenai kebiasaan weblogger (disingkat blogger) Indonesia ketika mengunjungi blog. Dalam waktu singkat survey ini mendapat respon lebih dari 125 responden. Beberapa perilaku blogger Indonesia yang sudah diduga sebelumnya akhirnya dapat dibuktikan dari hasil survey. Hal-hal menarik yang ditemukan diantaranya mengenai kepopuleran sebuah blog yang ditentukan dari seberapa banyak blog tersebut di-link oleh website lain; jumlah blog yang rutin dikunjungi audiens blog rata-rata 10 blog dan yang rutin dibaca 5 blog; jumlah pembaca adalah 1,9 kali dari jumlah komentar; menarik atau tidaknya sebuah blog banyak ditentukan oleh posting, si faktor terpenting! Survey terdiri atas 10 pertanyaan dengan target responden
adalah audiens blog Indonesia, karenanya informasi mengenai survey ini
hanya diumumkan melalui kontak pribadi dan milis/forum/website komunitas
blogger seperti: milis
Blogbugs, blog komunitas blogger Bandung
(Bandung Blog Village), blog komunitas blogger
Bogor-Depok (Blogstation) dan forum Bloggerfamily. Masalah
klasik penyelenggaraan survey seperti jawaban tidak lengkap, juga terjadi
pada survey ini karenanya jangan heran jika mendapati perbedaan jumlah
responden utk masing-masing pertanyaan. Responden terdiri dari pemilik blog(89%), pembaca blog rutin(7%) dan pembaca blog tidak rutin (4%). 75% responden bertempat tinggal di Indonesia, yaitu di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Bogor, Depok, Pontianak, Brastagi, Temanggung, Balikpapan, Malang, Bayuwangi dan Solo. Sedang 25% responden tinggal di Luar Indonesia yaitu di negara Canada (Montreal), Amerika (New York, Ohio, Austin, Cleveland), Inggris (Menchester), Australia (Sydney, Adelaide), Perancis (Nantes, Amiens), Selandia Baru (Auckland), Jerman, Belanda, Mesir(Kairo), Pantai Gading(Abidjan), Myanmar(Mandalay), Thailand(Bangkok), dan Jepang (Tokyo, Fukuoka)
Kunjungan Baru Darimana umumnya orang mengetahui tentang sebuah blog baru? 60% responden menyatakan mereka mengetahuinya dari link yang ada di blog lain. Ini menunjukkan semakin banyak sebuah blog dilink oleh website lain maka semakin besar kemungkinannya untuk dikunjungi pendatang baru. Semakin banyak dikunjungi artinya semakin banyak orang tahu tentang blog tersebut atau dengan kata lain: blog tersebut semakin populer. Dengan demikian, kepopuleran sebuah blog ditentukan dari seberapa banyak website yang me-link blog tersebut, makin banyak yang me-link artinya semakin populer. Asal kedatangan lainnya yaitu langsung dari pemilik blog, search engine, blog sendiri (pengunjung yang meninggalkan url pd ComSys/TagBoard/GuestBook), dan lain-lain (signature di email/milis/forum, majalah). Lalu apa yang dilakukan ketika mendatangi blog baru? Hampir semua responden menyatakan akan berusaha mengenal blog baru tanpa langsung meninggalkan, meskipun kedatangannya tidak disengaja. Selanjutnya pengenalan sekilas suasana blog dari kombinasi pemilik blog, desain dan posting. Dari sini 92% melanjutkan dengan membaca posting-posting yang ada, meskipun hanya 61% diantara pembaca yang menuliskan komentar atas posting tersebut, sisanya memilih untuk tidak berkomentar. Sisa 6% responden yang tidak membaca, hanya meninggalkan 'jejak' sebagai tanda kehadiran atau sapaan pada pemilik blog melalui Tagboard/Guestbook.
Kunjungan Rutin Sebetulnya, berapa banyak sih blog yang sering dikunjungi masing-masing audiens blog Indonesia? Banyak/sedikitnya blog yang dikunjungi tentunya ada kaitan dengan seberapa mudah/susahnya akses internet seseorang. Sehingga agak sulit juga untuk menyamaratakan semuanya, karena akses internet masing-masing orang tentunya berbeda. Ada yang harus membayar, seperti pengguna warnet atau pelanggan layanan internet di rumah (dial up atau cable). Dan ada juga yang beruntung memilki akses internet gratis dan mudah di kampus atau di tempat kerja. Waktu yang dihabiskan untuk browsing blog-blog yang ada pun tentunya bervariasi, ada yang setiap 2 minggu sekali, seminggu sekali, setiap hari bahkan ada juga yang sehari berkali-kali. Dengan makin banyaknya blog baru tidak berarti semakin banyak jumlah blog yang sering dikunjungi seseorang. Meski ratusan blog baru lahir setiap harinya, hanya sebagian kecil yang akan tetap dibaca orang. Hal ini bisa dipahami mengingat keterbatasan waktu dan daya baca yang dimiliki seseorang. Blog-blog yang rutin dibaca oleh masing-masing blogger tentunya berbeda satu sama lain, sesuai dengan latar belakang, domisili, usia, minat, dan karakter masing-masing. Dengan kesamaan karakter umumnya pemilik kumpulan blog yang sering dibaca seseorang, juga akan membaca blog milik seseorang tersebut. Sehingga membentuk komunitas kecil yang masing-masing saling memperhatikan atau mempengaruhi blog yang satu dengan yang lain. Dengan jumlah blog Indonesia yang ratusan bahkan ribuan, maka terdapat puluhan/ratusan komunitas kecil yang (mungkin) bersinggungan antara satu sama lainnya. Tanpa disadari oleh setiap blogger, tapi berdasarkan pengamatan memang koloni-koloni ini juga terjadi di peta blogger Indonesia. Hasil lain yang cukup menarik adalah bahwa 45% responden ternyata sering merasa tidak perlu memberi komentar dalam bentuk apapun ketika berkunjung pada blog yang biasa dikunjungi. Bandingkan dengan 35% responden yang tidak memberi komentar ketika berkunjung ke blog baru. Justru lebih sedikit responden yang tidak berkomentar pada blog yang baru dikunjungi. Ini menunjukkan, pengunjung cenderung ingin meninggalkan jejak/komentar ketika mengunjungi blog baru. Berdasarkan hasil ini, akhirnya tercipta formula untuk menentukan jumlah pembaca sebuah blog, adalah: Jumlah Pembaca = 1.9 x jumlah komentar Dimana jumlah komentar adalah jumlah total komentar pada guestbook, tagboard dan commenting system.Fasilitas Penting pada Blog Kehadiran pengunjung sebuah blog dapat dideteksi dari fasilitas blog seperti Web Counter, Commenting System, TagBoard dan GuestBook. Sesuai namanya, Web Counter akan menghitung berapa jumlah pengunjung dan umumnya berikut informasi detail masing-masing pengunjung seperti: alamat IP (Internet Protocol), dari website mana pengunjung datang (referral) apakah dari blog teman kita atau hanya nyasar dari hasil Search Engine. 61% dari responden ternyata menganggap keberadaan webcounter ini kurang bahkan tidak penting. Gambar 9. Pentingnya Web Counter. Commenting System, adalah fasilitas khusus untuk menampung komentar yang terletak pada setiap akhir topik, dengan fasilitas ini pengunjung diajak berinteraksi dengan memberikan komentarnya tentang sebuah posting. 83% responden menyadari betul pentingnya ComSys ini dan merasa Commenting box adalah tempat yang paling tepat untuk mendiskusikan setiap topik pada posting. Meskipun topik yang dibahas sudah lama berlalu, 77% responden tetap menganggap bahwa komentar sebaiknya dimasukan pada Comment Box sesuai posting yang bersangkutan sedang 10% menganggap sebaiknya ditulis pada comment box posting terbaru dengan harapan akan segera terbaca oleh pemilik blog. Gambar 10. Pentingnya Commenting System. Tag Board, adalah sebuah box tempat menampung pesan singkat dr pengunjung blog, yang sifatnya seperti fasilitas chatting di dalam halaman blog. Umumnya orang menggunakan tagboard untuk sekedar menyapa pemilik blog, walaupun ada (tidak banyak) yang menggunakan Tag Board ini sebagai commenting system. Hanya 10% responden yang sering mengunjungi blog hanya untuk mengisi/melihat-lihat tagboard. Meski hanya sedikit, namun disadari keberadaan Tag Board yang interaktif seringkali mengalihkan perhatian pengunjung dari isi posting yang ada. Dengan alasan ini, bisa jadi 40% menganggap tag board tidak atau kurang penting kehadirannya dalam blog mereka. Gambar 11. Pentingnya Tag Board. Guest Book, sesuai namanya adalah Buku Tamu, yaitu untuk menuliskan pesan atau kesan terhadap keseluruhan blog. Umumnya pengunjung mengisi buku tamu pada tahap awal kedatangan di sebuah blog. Hanya 29% yang menganggap penting adanya buku tamu ini. Gambar 12. Pentingnya Guestbook Kesimpulan 1. Kepopuleran sebuah blog ditentukan dari seberapa banyak blog tersebut di-link oleh website lain. 2. Menarik atau tidaknya sebuah blog, lebih banyak ditentukan oleh isi posting. 3. Hanya maksimum 10 blog yang rutin dikunjungi dan maksimum 5 blog yang rutin dibaca oleh seorang audiens blog. 4. Gambaran kasar jumlah pembaca adalah 1,9 kali dari jumlah komentar (akan sebuah topik) yang ada. 5. Blogger Indonesia umumnya menggunakan blog sebagai diary, jurnal atau tulisan tentang hal-hal menarik yang terjadi di sekitarnya. Ucapan Terima Kasih:1. Enda Nasution, atas referensi Panduan Blog dan
diskusi-diskusi yang memperkaya khazanah dunia weblog.
2. Survey Monkey, penyedia layanan survey gratis. 3. Para Responden: pembaca dan pemilik blog -- baik yang mencantumkan URL asli atau palsu :)
Diagram-Diagram Rincian Hasil Survey
|